English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Korupsi jangan dijadikan budaya! Pilih pemimpin yang cinta rakyat, bukan cinta kekuasaan! Bagian Iklan Hubungi (021)27101381 - 081385386583


Dariyanto, S.Kom. Anggota DPRD Kota Bekasi 2014-2019

Informasi tentang kandidat caleg, pemilukada & pilpres Indonesia

Jumat, 16 April 2010

Bekasi Endemik Kaki Gajah


Penyakit kaki gajah (Filariasis) kian merebak di Kota Bekasi. Hasil survei daerah hingga 2009 tercatat 46 kasus penderita klinis dan 3,1% dari 6.000 sampel warga terindikasi gejala tersebut. Kota Bekasi kini dinyatakan wilayah endemik kaki gajah.
Dalam seminar bertema Sosialisasi Pengobatan Massal Filariasis, Kamis (16/4), Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi dr Retni Yonti mengatakan penyakit disebabkan tiga spesies cacing filaria yang dibawa nyamuk yakni Wuchereria bancrofti, Brugia balayi dan Brugria timori. "Para penderita penyakit yang bersifat menahun ini telah diberi obat Diethyl Carbamazine Citrate (DEC) yang dikombinasikan dengan Albendazole sekali setahun selama lima tahun," katanya.

Sosialisasi yang juga dihadiri wakil Departemen Kesehatan dan perwakilan Dinas Kesehatan Jawa Barat ini menyebutkan prevalensi Mikrofilaria (Mf rate) sampel darah jari 6.000 warga ditemukan sekitar 3,1% dan dinyatakan telah terindikasi. Menurut Retni, seharusnya Mf rate normal berkisar di bawah 1% namun melihat kondisi banyaknya warga terinfeksi pemerintah segera melakukan upaya pencegahan dengan memberi obat karena telah berubah dengan status endemik. "Tujuannya agar wabah tidak merebak karena penyakit yang dibawa nyamuk ini mudah menyebar luas," jelasnya.

Mengenai 46 kasus kronis filariasis, lanjutnya, pembengkakan dibagian kaki, lengan, kantong buah zakar, payudara dan kelamin wanita masih terlihat walaupun cacing yang bersarang didalam tubuh penderita telah mati. Sementara warga terinfeksi yang masuk dalam Mf 3,1% sedang dalam pemantauan dan diberikan obat agar tidak mengalami pembengkakan (kronis) hingga menyebabkan cacat permanen. 

Sumber : ForumKami

APAKAH PENYAKIT KAKI GAJAH ITU?
Deskripsi
Penyakit Kaki Gajah adalah golongan penyakit menular yang disebabkan cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Setelah tergigit nyamuk, parasit (larva) akan menjalar dan ketika sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit tersebut.

Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat permanen berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit Kaki Gajah bukanlah penyakit yang mematikan, namun demikian bagi penderita mungkin menjadi sesuatu yang dirasakan memalukan bahkan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Penyakit Kaki Gajah umumnya banyak terdapat di wilayah tropis. Menurut WHO, urutan negara yang paling banyak penderita kaki gajah adalah Asia Selatan (India dan Bangladesh), Afrika, Pasifik dan Amerika. Belakangan banyak pula terjadi di negara Thailand dan Indonesia (Asia Tenggara).

Gejala
Kaki gajah memiliki gejala antara lain, demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat, pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit. Gejala lain berupa radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis), filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah, pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema)

Pengobatan
Tujuan utama dalam penanganan dini terhadap penderita penyakit kaki gajah adalah membasmi parasit atau larva yang berkembang dalam tubuh penderita, sehingga tingkat penularan dapat ditekan dan dikurangi.

sumber: detik-health (tbs/tbs)

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GlestRadio-Bekasi

Iklan Display Bekasi

Google+ Followers

Iklan Baris Global

Distributor Madu & Propolis Murni