English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Korupsi jangan dijadikan budaya! Pilih pemimpin yang cinta rakyat, bukan cinta kekuasaan! Bagian Iklan Hubungi (021)27101381 - 081385386583


Dariyanto, S.Kom. Anggota DPRD Kota Bekasi 2014-2019

Informasi tentang kandidat caleg, pemilukada & pilpres Indonesia

Sabtu, 29 Mei 2010

Pemda Bangun Gorong-Gorong di Kota Bekasi

BEKASI--MI: Pemerintah akan membangun syphon (gorong-gorong) di dasar Kali Bekasi hingga ke bendung pertemuan antara Kali Malang dan Kali Bekasi pada pertengahan 2010 untuk mencegah banjir di wilayah Bekasi.


Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad di Bekasi, Sabtu (29/5) mengatakan,  pembangunan syphon dilaksanakan dengan dana sekitar Rp200 miliar dari pemerintah pusat. Setelah pembangunan syphon tersebut Kali Bekasi akan terpisah dengan Kali Malang. Gorong-gorong yang ditempatkan di bawah permukaan sungai panjangnya mencapai ribuan meter.

Ketua DPP PDIP Kota Bekasi itu menyatakan, Kali Malang merupakan sungai pembawa air dari waduk Jatiluhur dan dimanfaatkan untuk air baku PDAM Bekasi maupun DKI serta mengairi persawahan.

Selama ini pertemuan Kali Bekasi dan Kali Malang dipisahkan melalui bendung, dan debit air melalui Kali Malang dibuat stabil untuk menghindari banjir di daerah yang dilewatinya sementara kelebihan air dialirkan ke sungai di bawah bendung.

Mochtar berharap pekerjaan syphon tersebut bisa terlaksana sesuai rencana hingga memberikan harapan bagi sebagian penghuni perumahan yang seringkali terkena banjir pada musim hujan. "Pembangunan syphon juga bisa mengatasi luapan air dari Bogor yang seringkali menjadi penyebab banjir kiriman dan melanda kompleks perumahan seputar Kali Bekasi," ujarnya.

Kepala Bidang Tata Air Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi Ir Yurizal mengatakan, pembangunan syphon diperlukan untuk mencegah luapan air Kali Bekasi baik akibat kiriman maupun hujan di wilayah Bekasi sendiri.

Ia menegaskan, di beberapa kali dalam Kota Bekasi genangan air saat hujan deras bisa diatasi dengan pengoperasian beberapa pompa berkapasitas sangat besar hingga tidak sampai mengakibatkan rumah warga terendam.

"Yang kami khawatirkan adalah banjir kiriman. Dengan  syphon itu  diharapkan persoalan banjir bisa diatasi," katanya. (Ant/OL-03)

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GlestRadio-Bekasi

Iklan Display Bekasi

Google+ Followers

Iklan Baris Global

Distributor Madu & Propolis Murni