English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Korupsi jangan dijadikan budaya! Pilih pemimpin yang cinta rakyat, bukan cinta kekuasaan! Bagian Iklan Hubungi (021)27101381 - 081385386583


Dariyanto, S.Kom. Anggota DPRD Kota Bekasi 2014-2019

Informasi tentang kandidat caleg, pemilukada & pilpres Indonesia

Selasa, 02 November 2010

Sekda Bekasi Dituntut 3,5 Tahun Penjara

Tjandra dinilai telah menyetujui perintah Wali Kota Bekasi

JAKARTA, KOMPAS.com Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim untuk menyatakan bersalah dan menjatuhkan vonis selama 3,5 tahun dan denda sebesar Rp 100 juta subsider enam bulan penjara kepada Sekretaris Daerah Bekasi, Tjandra Utama Effendy.

Tjandra dinilai telah menyetujui perintah Wali Kota Bekasi Mochtar Muhammad untuk menyuap dua auditor BPK Jawa Barat, Enang Hermawan dan Suharto.


Hal itu terungkap dalam tuntutan terdakwa yang dibacakan JPU Risma Ansyarai di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/11/2010).

"Meminta majelis menjatuhkan pidana penjara selama 3 tahun," kata Risma.

Tjandra juga dikenai pidana denda sebesar Rp 100 juta subsider 6 bulan kurungan. Hal-hal yang memberatkan, lanjut Risma, Tjandra selaku Sekda seharusnya memberi pembinaan dan teladan yang baik kepada seluruh aparatur di lingkungan Pemkot Bekasi.

"Perbuatan terdakwa tidak mendukung komitmen pemerintah memberantas korupsi," ujarnya.

Hal yang meringankan, Tjandra belum pernah dihukum. Adapun mengenai peran Tjandra, jaksa menilai bahwa ia telah menyetujui perintah dari Wali Kota Bekasi Mochtar Muhammad untuk melakukan segala upaya agar audit keuangan Pemkot Bekasi memperoleh penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP).

Uang sebesar Rp 400 juta kemudian diberikan untuk memberikan opini terhadap Laporan Keuangan Daerah Kota Bekasi Tahun Anggaran 2009 dengan penilaian WTP.  

(Warta Kota/Adi Kurniawan)
Warta Kota

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GlestRadio-Bekasi

Iklan Display Bekasi

Google+ Followers

Iklan Baris Global

Distributor Madu & Propolis Murni