English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Korupsi jangan dijadikan budaya! Pilih pemimpin yang cinta rakyat, bukan cinta kekuasaan! Bagian Iklan Hubungi (021)27101381 - 081385386583


Dariyanto, S.Kom. Anggota DPRD Kota Bekasi 2014-2019

Informasi tentang kandidat caleg, pemilukada & pilpres Indonesia

Jumat, 27 Januari 2012

Demo Cikarang, Cak Imin Ditelepon Presiden

Menakertrans Muhaimin Iskandar (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
Sindonews.com - Gara-gara demo buruh di Cikarang, Jawa Barat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar terpaksa harus kembali ke Jakarta. Padahal Muhaimin sudah berada di Bandara Juanda, Surabaya akan membuka acara seminar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Propinsi Jawa Timur Hary Soegiri mengatakan, sebenarnya Menakertras bersama rombongan sudah berada di Bandara Juanda, Surabaya pada pukul 09.30 WIB.


"Muhaimin dan rombongan sudah tiba di Surabaya. Kemudian langsung transit di ruang VVIP. Namun ketika bus penjemput rombongan datang, Muhaimin dapat telepon dari Presiden agar kembali ke Jakarta untuk menyeleseikan persoalan Demonstrasi di Cikarang," kata Hary saat acara Seminar K3 (Keselamatan, Kesehatan Kerja) Kemenakertrans di Shangri-La Hotel, Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, Jumat (27/1/2012).

SBY MINTA CAK IMIN AKTIF TENGAHI KASUS BURUH

VIVAnews - Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memerintahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan komunikasi dengan perwakilan buruh agar tercapai kesepahaman. Perintah ini menyusul aksi buruh yang semakin besar, sampai memblokir jalan tol.

"Mengenai peristiwa aksi buruh hari ini di Cikarang Bekasi,  Presiden telah memerintahkan Menakertrans agar jajaran Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi segera melakukan komunikasi aktif dengan perwakilan para buruh, sehingga tercapai kesepahaman," kata Julian lewat pesan singkat, Jumat 27 Januari 2012.

Menurut dia, aksi pemblokiran jalan tol bukan keinginan para buruh, namun telah merugikan orang banyak. "Tindakan itu tidak perlu terjadi bilamana komunikasi antarpihak terkait dilakukan dengan baik," ujar Julian.

Menurut dia, Kemenakertrans, meskipun tidak terkait langsung dengan tuntutan para buruh, harus tetap  mengambil inisiatif atau peran dalam memfasilitasi/ menengahi  bilamana terjadi ketegangan atau ketidaksepahaman antara buruh dan perusahaan tempat mereka bekerja.
"Selanjutnya Kemenakertrans menyosialisasikan apa yang telah menjadi capaian kesepahaman para buruh/pekerja dan tempat mereka bekerja, agar masyarakat jelas duduk persoalannya dan langkah solusinya."

Siang ini, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek di KM 24.400 seperti lautan buruh. Ratusan ribu buruh menutup jalan tol dari arah Cikampek dan Jakarta. Kemacetan lebih dari sekitar 12 kilometer. Sadar aksinya mengganggu pengguna jalan, demonstran meminta maaf.

"Kami meminta maaf kepada pemilik kendaraan yang terjebak kemacetan. Sekarang, kalau mau protes jangan ke buruh. Tapi kepada pemerintah dan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia)," kata Koordinator Demonstran Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia, Sasa Syaifuddin, di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jumat 27 Januari 2012.

Menurut Sasa, aksi dilakukan agar pemerintah tidak tutup mata dan berpihak kepada buruh. Buruh, kata dia, sudah tidak percaya lagi kepada Apindo. (umi)
• VIVAnews

Presiden meminta kepada Muhaimin agar segera kembali ke Jakarta untuk menyeleseikan persoalan tersebut. "Makanya acara pembukaan seminar ini diwakili oleh Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (PPK)," tambahnya.

Ia juga meminta maaf kepada semua peserta karena ketidakhadiran Menakertrans dalam acara ini. Ketikdakhadiran Muhaimin ini tidak mengurangi subtansi dari hasil seminar ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan buruh sudah memadati ruas-ruas jalan di kawasan industri di Cikarang, Jawa Barat pagi tadi.

Ini merupakan puncak kegeraman buruh terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. Ada tujuh kawasan industri yang terkena dampak aksi unjuk rasa ini di antaranya Jababeka I, II, Hyundai, Ejip, MM 210, dan Delta Silicon.

Aksi unjuk rasa ini digelar sebagai protes atas putusan PTUN Bandung yang memenangkan gugatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamis kemarin. Apindo menggugat SK Gubernur Jawa Barat Nomor 561 Kep.1540.Bangsos/2011 tentang kenaikan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) di Kabupaten Bekasi menjadi Rp1.491.866 dari sebelumnya sekira Rp1,2 juta.(azh)

Sumber Arfi Bambani Amri, Suryanta Bakti Susila (VivaNews) & Nurul Arifin (okezone)

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GlestRadio-Bekasi

Iklan Display Bekasi

Google+ Followers

Iklan Baris Global

Distributor Madu & Propolis Murni