English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Korupsi jangan dijadikan budaya! Pilih pemimpin yang cinta rakyat, bukan cinta kekuasaan! Bagian Iklan Hubungi (021)27101381 - 081385386583


Dariyanto, S.Kom. Anggota DPRD Kota Bekasi 2014-2019

Informasi tentang kandidat caleg, pemilukada & pilpres Indonesia

Sabtu, 10 Maret 2012

KREATIFITAS WARGA DESA ANGIN ANGIN

KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK
Lubang Jembatan Ditambal Bekas Tali Jaring
(Bisa Dijadikan Inspirasi Penggant Bahan Bangunan Galian Alam)

Demak - MR
Entah suatu kebetulan kreatifitas warga desa dalam mengantisipasi aspal jembatan yang ber lubang didesa tersebut sambil menunggu kerendahan hati aparat terkait untuk segera memperbaiki kon disi jembatan yang banyak lobang dikarenakan banyak bagian aspal jalan yang terkelupas yang sementara ini belum dapat dikategorikan barbahaya karena belum memakan korban jiwa.


Jembatan yang menurut pantauan Media Reportase sudah saatnya diperbaiki mengingat setiap hari beban yang melewati jembatan ini sangat besar untuk ukuran jembatan tua..Mobil yang setiap hari menggangkut hasil ikan nelayan juga hasil bumi lain harus ekstra hati-hati.

Namun warga desa tersebut tidak kurang akal dalam mensikapi masalah ini. Limbah tali jaring yang semula tidak terpakai mereka kumpulkan dan langsung diletakan dilobang jembatan tersebut, Jembatan pun mulus dilewati.

Pengamatan Media-Reportase di lapangan juga pengakuan warga yang menyatakan ternyata limbah tali jaring tersebut cukup kuat walau diterpa panas dan hujan bahkan pengaruh air asin. Dari pengamatan ini Media Reportase mempunyai gagasan apabila ini dapat dikembangkan yang tentunya harus melalui penelitian ilmiah bukan tidak munkin nantinya limbah ini dapat menjadi pengganti material yang selama ini dipakai untuk kebutuhan bahan bangunan dari galian  alam, seperti tanah urug atau batu kali.minimal dapat mengurangi kebutuhan akan bahan galian alam.

Misalnya untuk jenis bahan bangunan semisal jalan beton yang selama ini semua berasal dari bahan galian dapat dikurangi dan diganti bahan seperti limbah tali jaring tersebut atau sejenisnya yang ternyata terbuat dari bahan syntetis.

Keakurasian inspirasi ini tentunya tidak mudah namun demikian apabila ada keseriusan dari pihak terkait untuk lebih dini memikirkan kebutuhan akan bahan bangunan yang selama ini didapat dari hasil galian alam yang tidak dapat diperbarui niscaya akan membawa dampak yang luar biasa.semoga kreatifitas warga desa Angin Angin Wedung ini dapat menjadi inspirasi dalam menjaga alam.

( ZA.100 Red-R/II/2011) editor DikRizal

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GlestRadio-Bekasi

Iklan Display Bekasi

Google+ Followers

Iklan Baris Global

Distributor Madu & Propolis Murni