English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Korupsi jangan dijadikan budaya! Pilih pemimpin yang cinta rakyat, bukan cinta kekuasaan! Bagian Iklan Hubungi (021)27101381 - 081385386583


Dariyanto, S.Kom. Anggota DPRD Kota Bekasi 2014-2019

Informasi tentang kandidat caleg, pemilukada & pilpres Indonesia

Kamis, 05 Juli 2012

Pembiaran Penjarahan pasca Kebakaran Pasar Penampungan Eks.Revitalisasi Pasar Proyek Bekasi

Pasar penampungan eks.Proyek Pertokoan Bekasi
Setidaknya Ada yang Berikan Bantuan
dan Bukan Sekadar Kampanye Pilkada

Di lokasi kebakaran pasar proyek Bekasi, walau sudah ada police line tetapi penjarahan TKP bebas terjadi. Hal ini membuat miris semua pihak terutama yang menjadi korban kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu ini. 

Seharusnya ada kesadaran dari semua pihak, seandainya mereka mengalami hal yang serupa, apakah mereka mau bagian dari sisa kebakaran yang merupakan miliknya dijarah orang lain? Tentunya tidak bukan?!



Bukannya memberikan bantuan untuk meringankan kerugian yang diderita sesama akibat bencana si jago merah, malah turut menambah kesulitan untuk menyelamatkan sisa kebakaran yang mungkin terjadi.


Kesadaran warga terutama yang tinggal di sekitar Pasar Baru Bekasi Timur memang sangat diharapkan untuk melindungi hak milik korban kebakaran. Sementara itu di lain pihak ternyata masih saja ada yang peduli dengan korban kebakaran dengan membantu memberikan bantuan berupa santunan yang setidaknya mengurangi kesedihan mereka yang ada di area pasar maupun para pemilik lapak dan kios di area kebakaran.

Tapi begitulah selalu kejadian di setiap daerah bilamana ada peristiwa kebakaran. Yang paling penting dari kebiasaan kurang baik di atas, adalah bagaimana peristiwa itu bisa terjadi. Berikut hasil wawancara dengan seorang nara sumber melalui komunikasi online.

Berdasarkan penuturan Ketua Pusat Layanan dan Konsultasi Hukum, Basrizal, S.H dimana saat kejadian kebakaran pagi hari dia datang melihat lokasi dimana di sana yang sebagian besar korbannya adalah saudara dan kerabatnya.

"Saat saya datang lokasi sudah rata dilalap si jago merah," paparnya sedih. "Beberapa pedagang yg adalah kerabat saya nyaris tak secuilpun dagangannya terselamatkanm| imbuhnya lagi. Setidaknya rata-rata aset dagang bernilai ratusan juta rupiah hilang dimakan api.

Ditambahkan pula ada salah seorang kerabatnya bernama Yessi yang mengatakan, saat terjadi kebakaran yang berasal dari rumah-rumah liar dipinggir kali sekitar pukul 03.00 dini hari. Listrik tidak juga dipadamkan oleh pihak PLN, sehingga terjadilah konslet arus listrik dan menyebabkan kebakaran meluas hingga ke Pasar Penampungan eks.Pasar Proyek Bekasi yag sedang direvitalisasi.

Dilihat dan dirunut dari kejadian, memang ternyata ada kesalahan manusia, terutama aparat yang seharusnya bertindak cepat. Hal ini bisa diketahui karena sesaat sebelum kejadian listrik masih menyala, pihak pemadam kebaran tidak bersedia melakukan tindakan, dan akhirnya semua jadi serba terlambat dan menjadi habis seluruh bangunan rata dengan tanah.

Lucunya lagi, setelah api padam, pihak kepolisian mengitari lokasi kebakaran dengan Police Line (Garis Batas Polisi) sebagai TKP dalam melakukan penyelidikan sebab kebakaran. "Namun pemandangan ironis terlihat di pagi hari saat saya datang," imbuh Basrizal kepada webrizal.com. "Di lokasi ramai sekali orang yang mengumpulkan sisa-sisa kebakaran yang saya tahu persis bukanlah para pedagang korban kebakaran," gamblangnya dengan kesal.

Lelaki yang selalu membantu kaum lemah ini dengan tegas menambahkan "Artinya telah terjadi pembiaran pengrusakan dan penjarahan TKP oleh kepolisian dan Satpol PP yang ada di lokasi saat itu!"

TKP akhirnya sepi saat saya sampaikan perihal itu pada Walikota yg saat itu mampir melihat lokasi kebakaran, langsung Walikota memerintahkan aparat keamanan mengosongkan TKP. Sesaat TKP sepi namun ramai lagi setelah walikota pergi, pungkas Basrizal tentang kronologis kejadian penjarahan pasca kebakaran.

Turut berduka kepada para pedagang dipenampungan revitalisasi pertokoan proyek Bekasi yang hari ini ludes terbakar....Semoga pihak pemkot Kota Bekasi segera dapat membantu membangunkan kembali tempat usaha para pedagang dan juga memberikan santunan, karena seluruh dagangannya ludes tanpa sisa....Buktikan bantuan pada rakyat tak hanya datang saat PILKADA SAJA!!!

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GlestRadio-Bekasi

Iklan Display Bekasi

Google+ Followers

Iklan Baris Global

Distributor Madu & Propolis Murni